Selasa, 12 Februari 2019

STATISTIKA


Penyajian Data
Penyajian data merupakan salah satu kegiatan dalam pembuatan laporan hasil penelitian dengan cara meringkas menata,mengatur atau mengorganisir data sehingga data mudah untuk dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan data tersebut

Jenis Jenis Cara Penyajian Data
Secara umum ada dua cara untuk menyajikan data yaitu :

1.      Penyajian Data dengan Table
Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang tersusun berdasarkan kategori-kategori atau karakteristik-karakteristik tertentu sehingga memudahkan untuk dianalisis. Data yang disajikan dalam tabel bisa berupa data crosssection atau data timeseries. Secara umum penyusunan tabel memerlukan identitas judul tabel, judul baris, judul kolom, badan tabel catatan dan sumber data. Penyajian data dengan tabel bisa berbentuk tabel satu arah, dua arah dan tiga arah.

·        1. Table Satu Arah
Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, frekuensi, ukuran, kadar/persentasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana dan paling mudah dibuat. Contoh:

·        2. Table Dua Arah
Tabel dua arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jumlah mahasiswa menurut jurusan dan jenis kelamin, dan lain sebagainya. Contoh:

·         3. Table Tiga Arah
Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tiga hal atau tiga  karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, data jumlah penduduk menurut kecamatan, kelompok umur dan jenis kelamin, data petani padi menurut kategori luas lahan, umur, dan jenis kelamin, dan masih banyak contoh tabel 3 arah lainnya. Contoh:


2.     Penyajian Data dengan Grafik
  
Selain menyajikan sebuah data dengan menggunakan tabel, kita dapat juga menyajikan data dengan menggunakan gambar-gambar atau grafik. Cukup banyak sekali jenis tampilan data dalam bentuk grafik tetapi pada bagian ini hanya ditampilkan grafik-grafik yang umum dijumpai seperti: Grafik garis (LineChart), Grafik balok/batang (BarChart), Grafik Lingkaran (PieChart), dan Pictogram.

·         1. Grafik Garis
Grafik garis dibuat biasanya untuk menunjukkan perkembangan suatu keadaan. Perkembangan tersebut bisa naik bias turun. Hal ini akan Nampak secara visual melalui garis dalam grafik. Dalam grafik terdapat garis vertical yang menunjukkan jumlah dan yang mendatar menunjukkan variable tertentu yang ditunjukkan pada gambar dibawah, yang perlu diperhatikan dalam membuat grafik adalah ketepatan membuat skala pada garis vertical yang akan mencerminkan keadaan jumlah hasil observasi.

·         2. Grafik Batang/Balok
Grafik batang/balok (BarChart) secara umum dibagimenjadi dua bagian yaitu :
1.      Single Barchart yang terdiri dari satu batang saja.
2.      Multiple barchart yang terdiri dari beberapa batang.
Dimana garfik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan. Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk crosssection dan timeseries.
 

·      3. Grafik Lingkaran
Grafik Lingkaran (PieChart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu:
1.      Single Piechart yang terdiri dari satu lingkaran saja.
2.      Multiple piechart yang terdiri dari beberapa ligkaran.
Garfik lingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasarkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan(biasanya dalam persentase). Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk crosssection.
 
 
·         4. Pictogram
Pictogram adalah grafik berupa sebuah gambar didalam bidang koordinat XY yang dinyatakan gambar-gambar dengan suatu ciri-ciri khusus untuk suatu karakteristik.
 
 
 
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar